sarung tangan industri

Sarung tangan industri adalah sejenis pakaian kerja baik secara sebagian maupun keseluruhan. Fungsi sarung tangan industri yaitu untuk melindungi pekerja dari benda-benda tajam dan mencegah cedera saat bekerja. Ketika memilih sarung tangan industri ada beberapa faktor yang harus di pertimbangkan yaitu faktor bahaya terpapar, benda yang dihadapi kasar/tajam.

Baca Juga : Apa Itu Kacamata Safety ? 

Macam – Macam Sarung Tangan Industri

1. Sarung tangan kain (Fabric or Cotton Gloves)

sarung tangan kain

Sarung tangan kain merupakan jenis sarung tangan yang memiliki lapisan tipis dan memungkinkan udara masuk ke dalam sarung tangan. Sehingga ketika di pakai penggunannya bisa merasakan suhu dari alat atau benda kerja yang disentuh.

Sarung tangan jenis ini cukup membantu untuk menghindari goresan atau lecet, dan juga membantu tangan pemakainya tetap bersih.

Akan tetapi sarung tangan ini tidak diperuntukkan untuk perlindungan terhadap tusukan, bahan bergerigi, api , dan panas. Kadang jenis sarung tangan ini digunakan sebagai lapisan dasar di bawah sarung tangan yang lebih besar.

Sarung tangan kain dengan lapisan (Coated Fabric Gloves)

China Cotton Gloves with PVC Coating - China Gloves and PVC Gloves price

 

Jenis sarung tangan kain dengan lapisan merupakan peningkatan dari sarung tangan kain standar. Sarung tangan ini menawarkan tingkat perlindungan yang lebih lebih bagus. Baik itu perlindungan terhadap tusukan, goresan, alkanilitas suatu bahan, dan bahan kimia.

Lapisan yang digunakan untuk melapisi sarung tangan ini juga ada berbagai macam, antara lain :

  1. Nitril
  2. PVC
  3. Latex (getah)
  4. Polyurethane

Kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Namun untuk beberapa lapisan tersebut menyebabkan sarung tangan tidak fleksibel pada saat suhu dingin.

Walaupun sarung tangan ini tahan terhadap bahan kimia, bukan berarti bisa digunakan sebagai pengganti sarung tangan khusus bahan kimia.

3. Sarung tangan karet, plastik atau sintetis (Rubber, Plastic, or Synthetic Gloves)

Jual OEM Rubber Gloves / Sarung Tangan Karet 12 - M Kuning di Seller Teknik dan Bangunan - Kota Binjai, Sumatera Utara | Blibli

Jenis sarung tangan ini biasanya digunakan di laboratorium atau dalam bidang kesehatan. Sarung tangan ini memberikan perlindungan terhadap bio-hazard, minyak, grease, dan  bahan kimia lainnya.

4. Sarung tangan kulit (Leather Gloves)

Sarung tangan kulit | Lazada Indonesia
Sarung tangan dengan bahan kulit dapat memberikan cengkraman yang kuat serta perlindungan terhadap percikan api dan benda tajam atau abrasif.

5. Sarung tangan aluminized (aluminized gloves)

Berat Tahan Panas Bantal Lapisan Aluminized Sarung Tangan Las Kulit - Buy Aluminized Sarung Tangan Las Kulit Berat Tahan Panas Sarung Tangan Las,Bantal Lapisan Sarung Tangan Las Product on Alibaba.com
Sarung tangan alumunized sangat cocok digunakan untuk pekerjaan yang berada pada suhu tinggi seperti, pekerjaan pengelasan, pekerjaan tungku, pengecoran, atau di laboratorium dengan oven panas tinggi.

Diproduksi dengan bahan yang sangat reflektif sehingga dapat memberikan perlindungan panas sampai suhu 2000° F.

6. Sarung tangan kevlar (kevlar gloves)

Contender Heavyweight Cut Resistant Glove with Kevlar (1 Pair of Kitchen Heat Resistant Gloves - SBKG/XS) Size X-Small: Amazon.com: Tools & Home Improvement

Sarung tangan kevlar memiliki peran besar di dunia industri. Bahan kevlar membuat sarung tangan ringan, tahan lama, dan memberikan perlindungan yang luar biasa terhadap luka dan lecet.

Bahan kevlar juga digunakan sebagai campuran untuk membuat berbagai jenis sarung tangan.

7. Sarung tangan tahan tusuk (Puncture Resistant Gloves)

Cut resistant gloves: How to choose - Digitx-Safety Gloves Manufacturer

Sarung tangan tahan tusuk ini didesain khusus untuk melindungi tangan dari tusukan. Bentuk sisiknya sudah diskalakan hingga membentuk serpihan. Serpihan ini berfungsi untuk membelokan tusukan dari jarum, pecahan, dan tusukan dari benda tajam lainnya.

8. Sarung tangan tahan benturan dan getaran (Impact-Resistant and Vibration-Resistant Gloves)

Sarung Tangan Tahan Benturan Kuat Pegangan Keras Sarung Tangan Antigetaran Lunak Fleksibel Tahan Benturan - Buy Tugas Berat Sarung Tangan,Sarung Tangan Tahan Dampak,Anti Getaran Sarung Tangan Product on Alibaba.com

Banyak orang yang terpengaruh dengan getaran atau benturan pada tangan. Ternyata tangan gemetar atau hand-arm vibration syndrome (HAVS) menjadi masalah bagi pekerja profesional.

Untuk mengatasi hal tersebut, dibuatlah sarung tangan ini. Sarung tangan ini dapat menyerap energi benturan dan mengurangi getaran ke tangan. Sehingga cocok digunakan untuk pekerjaan yang memberikan getaran yang berulang-ulang.

9. Sarung tangan karet butyl (Butyl Rubber Gloves)

sarung tangan pengaman dari bahan kimia uvex profaviton BV-06 | Sarung Tangan Pengaman | uvex safety

Sarung tangan karet butyl digunakan untuk melindungi tangan dari zat tertentu untuk jangka panjang. Digunakan untuk melindungi dari bahan-bahan seperti :

  1. Peroksida
  2. Asalm Sendawa
  3. Asam Hidroklorik
  4. Asam belerang
  5. Alkali
  6. Alcohol

Baca Juga : Jet Cleaner Karcher Pembersih dengan Air Bertekanan Tinggi

1 thought on “Sarung Tangan Industri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *