cara mencuci motor

Memasuki bulan Oktober cuaca di Indonesia saat ini sedang tidak menentu, siang hari panas dan sering kali setelah panas tiba-tiba cuaca mendung dan turun hujan. Kondisi seperti ini akan membuat motor menjadi lebih cepat kotor karena bakal banyak lumpur dan kotoran yang menempel di beberapa bagian.

Maka dari itu, motor mesti segera dicuci ketika sudah kotor. Mencuci kendaraan secara rutin dapat menjaga komponen mesin tetap awet.

Berikut cara mencuci motor yang aman dan benar sendiri di rumah :

1. Siapkan Peralatan Cuci Motor

cara mencuci motor

Sebelum mencuci kendaraan kesayangan, kamu harus persiapkan dulu alat-alat yang diperlukan untuk mencuci motor, alat mencuci motor dibagi menjadi dua yaitu alat cuci motor modern dan konvensional.

Alat Cuci Motor Modern : Alat cuci ini biasanya digerakkan dengan mesin bertekenan tinggi dalam pembersihan, alat ini biasa disebut mesin high pressure cleaner , jika kamu memiliki alat ini akan lebih mudah dan cepat dalam pembersihan motor.

Alat Cuci Motor Konvensional : Alat cuci motor jenis ini yang tidak digerakkan oleh mesin, seperti ember, selang, spons, sikat dan lainnya.

Baca Juga : Pengertian High Pressure Cleaner dan Jenisnya

2. Pastikan Mesin Motor dalam Suhu Rendah

pastikan mesin dalam keadaan dingin

Sebelum menyiram motor dengan air, pastikan mesin motor, knalpot, rem dan part-part lain yang cenderung panas setelah dipakai berkendara. Biarkan terlebih dahulu sampai suhu menurun dimana besi akan mengalami kontraksi termal.

Besi atau logam yang bersuhu tinggi jika langsung terkena air dingin akan mengalami kejutan termal yang dapat merusak logam atau besi. Memang dampaknya tak langsung terlihat. Jika hal ini terjadi berulang-ulang dan dalam waktu yang Panjang, makadapat merusak komponen mesin bagian luar dan dalam.

3. Bersihkan Bagian Bawah Terlebih Dulu

Cara terbaik saat mencuci motor yaitu dengan membersihkan kaki-kaki sepeda motor, seperti ban, velg, spakbor, body bawah, lalu setelah itu body atas. Apalagi  disemprotkan dengan Mesin High Pressure Cleaner/air bertekanan tinggi yang akan membuat kotoran menempel rontok seketika.

4. Gunakan Kain atau Spons

cuci motor dengan spons

Bilas dan Keringkan

mengelap motor

Setelah semua bagian motor sudah bersih, bilas dengan air untuk menghilangkan sisa sabun atau busa yang menempel untuk menghindari terjadinya noda atau bercak pada bodi dan komponen motor.

Setelah dibilas, keringkan dengan kain lap halus seperti microfiber atau kanebo.

 

Baca Juga : Ini dia Mesin Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *